Rabu, 17 Oktober 2012

Tugas softskill Mata kuliah Perilaku konsumen ( Mengapa produsen melakukan segmentasi pasar ? )



Nama   : Erwin prayuda
Kelas   : 3 EA 04
Perihal : Tugas softskill Mata kuliah Perilaku konsumen ( Mengapa produsen melakukan segmentasi   pasar ? )
                        Menurut saya , kenapa produsen melakukan segmentasi pasar karena untuk mencari atau melihat peluang/target pasar yang ada di internal maupun eksternal perusahaan. Yang dimaksud dengan melihat atau mencari peluang adalah melihat kebutuhan-kebutuhan yang ada pada tiap-tiap daerah tertentu.

                        Dengan produsen mengetahui kebutuhan-kebutuhan ataupun keinginan konsumen pada setiap daerah tertentu produsen bisa menetapkan target pasar yang akan mereka tuju. Dan mengurangi resiko kerugian yang besar pada pemasaran yang perusahaan lakukan.

                        Dan bila produsen sudah sangat handal dalam melakukan segmentasi pasar , produsen dapat menetapkan target yang mereka keluarkan terhadap produk yang mereka produksi, Seperti berikut :

-          - Biaya iklan dengan memberikan iklan lebih pada daerah yang akan memberikan keuntungan yang   besar.
-          - Dapat mendesain produk sesuai pada setiap daerah.
-          -Mengetahui informasi-informasi update pada suatu daerah dari hasil riset segmentasi.
-          -Dll.

                        Contoh dengan melakukan segmantasi berdasarkan psikografi kita dapat mengetahui target kita berdasarkan jenjang sosial dan gaya hidup . Bila produsen mempunyai produk dengan harga mahal produsen menentukan target pasar pada golongan atas pada daerah tersebut, jadi resiko tidak dibeli pun akan berkurang. Bila kita tidak melakukan segmentasi pasar mempunyai barang dengan harga tinggi dan menawarkan kepada masyarakat golongan menengah bawah resiko tidak di belinya produk produsen akan besar. Dan akan menambah biaya kerugian pada perusahaan.

                        dengan melakukan segmentasi pasar produsen akan satu langkah didepan dalam memasarkan produk dengan biaya pemasaran yang tinggi. Dengan modal mengetahui target – target mana produk ini akan dipasarkan. Dan dilihat dari pentingnya segmentasi pasar ini sangat penting bagi produsen.
                      Itulah menurut saya mengapa produsen melakukan segmentasi pasar. Bila ada kekurangan mohon dimaafkan . Terima kasih.