Sabtu, 24 September 2011

mencari peluang pasar


PELUANG USAHA

1.      Pengertian peluang pasar
A.    Peluang pasar
Peluang usaha adalah suatu kesempatan yang dapat dilihat oleh seseorang dari lingkungan sekitar, keadaan, maupun dari suatu musim atau perkembangan zaman. Jadi tidak semua manusia bisa melihat peluang pasar apabila mereka tidak mempunyai suatu kreatifitas dan mempunyai insting untuk membaca keadaan dengan baik.

2.      Mencari peluang pasar
B.     Mencari peluang pasar
Bagaimana kita bisa melihat peluang pasar ? pertanyaan itulah yang harus kita jawab untuk mengetahui peluang pasar apa saja yang ada disekitar kita. Pertama-tama adalah :
-          Perkembangan zaman , dizaman modern sekarang kita harus bisa memilih mana yang dibutuhkan untuk dizaman modern seperti ini. Jadi jangan memberikan sesuatu yang sudah tertinggalan zaman.
-          Tren, kita sebagai orang yang mencari peluang usaha harus mengetahui apa yang sedang tren pada saat ini. Dan jangan sampai kita tertinggal sama tren masa kini.
-          Lokasi, orang bisa melihat lokasi dan mengetahui apa yang dibutuhkan disana dia akan menjumpai peluang usaha dengan mudah.

3.      Hal yang dibutuhkan pada mencari peluang pasar
C.     Hal yang dibutuhkan
Hal-hal dasar apa saja yang harus siap didalam diri kita ketika peluang pasar itu datang ? inilah hal yang dibutuhkan :
-          Knowledge ( pengetahuan)
Pengetahuan atau informasi yang menunjang di bidang “peluang” itu sendiri.

-          Mentality ( mental )
Mental merupakan faktor utama dalam suksesnya menjalankan peluang usaha. Karna kalau mental kita tidak kuat kita tidak bisa melawan persaingan bisnis yang sudah sangat besar dengan resiko yang akan dihadapi.
-          Attitude ( sikap )
Sikap merupakan hal yang menentukan kita mau seperti apa servise kita untuk orang supaya mereka mengetahui usaha yang kita jalani banyak kelebihan dibanding peluang bisnis yang sama.

Apabila kita sudah menguasai seperti yang diatas kita akan dapat melihat dan menjalankan peluang pasar dimanapun kita berada.


 Cara menjalankan peluang pasar :
1.      Pertama yang harus kita punya untuk memulai peluang pasar adalah modal. Menjalankan peluang pasar sesuai dengan modal yang kita punya.
2.      Memilih peluang pasar sesuai modal.
3.      Melihat lingkungan sekitar mendukung peluang pasar apa tidak.
4.      Melihat keinginan masyarakat, apa yang mereka butuhkan.
5.      Melihat pesaing.
6.      Apabila terdapat pesaing, kita harus memberikan sesuatu yang lebih atau yang menarik (variasi) terhadap barang kita.
7.      Sediakan juga barang subtitusi apabila stok barang yg kita jual habis.
8.      Memilih lingkungan pasar untuk kita menjualnya.
9.      Mempunyai target penjualan.
10.  Dan melakukan perubahan terhadap peluang usaha sesuai perubahan zaman atau musim yang sedang marak dipakai oleh masyarakat.
11.  Dan mempunyai menejemen yang baik.

contoh peluang pasar di daerah saya :
disekitar rumah saya ada sebuah sekolah smp. dengan memanfaatkan keadaan saya menemukan peluang pasar untuk membuat tempat fotocopy . dengan memberikan kelebihan dari tempat fotocopy lain adalah saya juga memberikan tempat untuk mengeprint dan warnet didalamnya yang memudahkan mereka dalam mencari tugas di internet dan langsung ngeprint dan bisa memfotocopy di tempat yang sama . jadi kita mempunyai kelebihan dari fotocopy lain yang hanya bisa fotocopy aja . dan juga kita harus memberikan fasilitas lain seperti tempat yang nyaman dan bangku untuk menunggu. karna kita lihat tempat fotocopy yang biasa kita hanya berdiri saja.

itulah mencari peluang pasar didaerah saya dan saya memberikan kelebihan dibanding tempat fotocopy lain agar kita dapat bersaing apabila ada pesaing di tempat kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar