Rabu, 05 Desember 2012

faktor demografi

Faktor-faktor Demografi

Faktor-faktor demografi terdiri atas :
 Jenis kelamin
 Umur
 Hobby
 Penghasilan
 Pendidikan
 Domisili
 Wilayah
 Agama

Seberapa besar faktor-faktor diatas mempengaruhi kehidupan kita dalam melakukan berbagai hal. Dan kita akan membahas satu per satu faktor-faktor diatas dengan mengambil contoh pembelian handphone.

 1. Jenis kelamin

Dalam memenuhi kebutuhan, baik laki-laki ataupun perempuan satu sama lain mempunyai perbedaan dalam memilih contohnya cenderung kebutuhan perempuan akan lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Begitupun dalam pemilihan handphone perempuan cenderung memilih handphone dilihat dari karakteristik handphone seperti bentuk yang lucu dan simple, warna yang lucu seperti warna pink dan yang tidak ketinggalan yaitu kamera handphone yang bagus karena perempuan lebih banyak menggunakan fasilitas ini untuk foto-foto ( narsis ).

 Tapi untuk kaum laki-laki mereka tidak melihat dari karakteristik melainkan kelebihan dari handphone tersebut seperti fitur-fitur yang dimiliki oleh handphone tersebut contohnya aplikasi yang terdapat dalam handphone tersebut dan lebih cenderung laki-laki memilih handphone yang mahal dikarenakan semakin mahal handphone tersebut semakin tinggi tingkat kepuasan kaum laki-laki dalam memakai aplikasi yang lebih bagus.

 2. Umur

 Semakin bertambahnya umur semakin banyak juga pengetahuan yang kita dapatkan. Dan juga membedakan keinginan yang sekarang dengan keinginan kita dahulu. Dalam pemilihan handphone pada usia anak-anak ataupun remaja dalam membeli handphone hanya melihat fitur-fitur game yang lebih banyak, mp3 , dan volume handphone yang besar untuk mendengarkan music tetapi pada usia dewasa dalam membeli handphone melihat dari segi aplikasi dan juga alat pendukung kita dalam membantu pekerjaan dan mengurangi segala hal yang tidak diperlukan dalam handphone tersebut.

3. Hobby

 Setiap individu mempunyai hobby yang berbeda-beda dan membeli handphone setiap individu akan melihat handphone yang dapat menyalurkan hobby pribadi tersebut misalnya seseorang mempunyai hobby searching dan menggunakan social media jadi individu tersebut dapat membeli handphone yang menggunakan handphone yang berbasis web. Contohnya seperti handphone android.

 4. Penghasilan

 Seseorang akan mapan apabila mempunyai penghasilan yang besar. Selain itu orang yang berpenghasilan besar akan menaikan derajat social mereka. Dalam memilih handphone penghasilan akan menentukan pembelian mereka. Yang berpenghasilan besar cenderung akan memilih handphone yang mahal dan juga bermerk. Dan volume pembelian mereka juga besar. Tetapi, orang yang mempunyai penghasilan yang rendah akan memilih handphone yang harganya lebih murah dan mereka tidak memperhatikan merk dari handphone tersebut, dan volume pembelian mereka rendah.

5. Pendidikan

 Orang yang berpendidikan pasti akan lebih detail dalam memilih handphone. Dan mengetahui segala spesifikasi pada handphone yang akan dibeli.dan mengerti dalam menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam handphone tersebut. Dan tidak asal dalam membeli handphone sudah diseleksi lebih dahulu sesuai kebutuhannya. Dan sebaliknya, orang yang tidak berpendidikan tidak akan mengetahui spesifikasi yang terdapat dalam handphone tersebut. Dan tidak dapat mengunakan fitur-fitur yang terdapat dalam handphone tersebut.

6. Domisili

Tempat tinggal kita akan mempengaruhi kita dalam membeli suatu produk. Produk handphone apa yang sedang booming dilingkungan kita, kita pasti cenderung ingin membeli handphone tersebut. Secara tidak sadar kita terpengaruh kondisi domosili kita.

7. Wilayah

Wilayah juga mempengaruhi pembelian kita dengan berbagai teknologi,kita dapat mengetahui berbagai informasi dari berbagai wilayah. Dalam produk handphone yang sedang booming diwilayah eropa adalah iphone dari perusahaan apple.dengan menggunakan media internet kita akan mendapatkan informasi tentang produk tersebut dengan sangat mudah dan lengkap. Dan secara tidak langsung kita terpengaruh dengan keadaan diluar wilayah kita dan membuat kita membeli walaupun diwilayah tidak sedang booming.

 8. Agama

 Sekarang sudah banyak produk-produk yang mengandung unsur agama. kita ambil contoh agama islam produk handphone yang menggunakan fitur-fitur islami sudah sangat banyak contohnya esia. Dengan memuatkan content adzan,waktu sholat dan juga waktu puasa dan berbuka puasa. Jadi factor agama pun bisa membuat produsen-produsen handphone meningkatkan keuntungan mereka

Dari berbagai faktor Demografi diatas, yang sering digunakan dalam kehidupan adalah jenis kelamin, umur, hobby dan juga penghasilan. Dan pendapat saya, kenapa saya memilih handphone yang saya gunakan sekarang karna desainnya yang simple, ukurannya tidak besar sehingga lebih mudah untuk dibawa dan harganya juga ekonomis dengan banyak fitur didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar